Our Blog

MAHASISWA MILLENNIALS MENGAWAL PERUBAHAN


Dewasa ini, salah satu topik terhangat yang selalu di perbincangkan di kalangan masyarakat adalah generasi millennials yang tentunya selalu dikaitkan dengan, Pemuda, pendidikan, teknologi, moral dan budaya. Millennials atau sering juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah generasi X yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an. Maka, itu berarti millennials adalah generasi muda yang berumur 17-37 tahun ini. Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi. Di indonesia sendiri dari 255 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta merupakan generasi millennials atau berusia 17-37 tahun. Hal ini berarti indonesia memiliki banyak kesempatan untuk membangun negara dengan jumlah pemuda yang cukup banyak. Lalu apa gebrakan atau gerakan besar yang dilakukan oleh pemuda atau manusia millennials sekarang, terhadap bangsa ini?
Pemuda millennials saat ini seolah olah ter-jajah oleh teknologi yang membuat mereka nyaman di dunianya sendiri sehingga karakter kurangnya idealisme, kepekaan sosial serta degradasi moral seakan-akan menggerogoti tubuh pemuda millennials sekarang. Melihat kondisi pemuda millennials sekarang dengan menerawang jauh ke depan. Apa jadinya bangsa ini ketika Pemuda tak lagi peduli, acuh tak acuh, apatis terhadap permasalahan yang sedang terjadi di bangsa ini.
Lalu siapa pemuda millennials yang saat ini kita nantikan kehadirannya dalam membawa perubahan yang lebih baik untuk Bangsa ini? Jawabannya adalah Mahasiswa, Gerakan mahasiswa yang sangat dinantikan kehadirannya.
Mengapa tidak, mahasiswa adalah salah satu modal utama bangsa ini untuk menciptakan orang-orang yang nantinya akan membawa perubahan besar bagi Indonesia, perubahan yang akan membawa indonesia pada titik ke jayaannya. di mana ditargetkan bahwa pada tahun 2045 indonesia berada pada umur 1 abad, itu berarti tahun tersebut adalah tahun paling ideal untuk indonesia mendapatkan kejayaan. Hal ini tentu tak lepas dari peran pemuda/mahasiswa saat ini yang dipersiapkan untuk mengawal kejayaan indonesia di tahun 2045 nanti. Mengapa Mahasiswa? Karena, tanpa kita sadari mereka selalu hadir di setiap lini kehidupan. Mahasiswa selalu hadir di lingkaran kekuasaan, menggelar aksi demonstrasi memprotes kebijakan pemerintah, tapi mahasiswa juga hadir di Desa, pedalaman untuk mengabdikan diri memberdayakan masyarakat.
Itulah hebatnya mahasiswa, Bisa bertransformasi menjadi apapun yang mereka mau, dan lingkungan kehidupan merekapun mendukung untuk itu. Mahasiswa identik dengan kelompok enlightenment people  atau manusia yang tercerahkan, karena memiliki kapasitas intelektual yang lebih di banding kelompok masyarakat lain. Sehingga muncullah sebutan untuk mahasiswa sebagai agent of change, the guard, maupun social control. Semua gelar tersebut tak lepas dari peran sentral Mahasiswa selama ini, yang selalu mewarnai sejarah bangsa ini, dan selalu menjadi motor penggerak perubahan bagi bangsa ini.
Namun itu adalah mahasiswa di generasi x, lalu bagaimana mahasiswa sekarang? katanya generasi millennials. Belakangan ini kita ketahui bahwa gerakan mahasiswa sedikit mengendor. Mahasiswa (katanya) tidak lagi seheroik dulu di generasi x yang ketika melihat penindasan, kedzaliman, dan ketidak adilan. Mahasiswa generasi millennials lebih asyik nongkrong di mall, cafe, memiliki sifat apatis, hedonis, selfish atau bahkan amoral. Sudah jarang kita menyaksikan mahasiswa yang asyik berkumpul, berdiskusi membahas problematika bangsa. Suara suara kebenaran yang menentang kesewenang-wenangan pun tak selantang dahulu. Bahkan, konon Gerakan mahasiswa sudah ditunggangi kepentingan politik tertentu. Mahasiswa millennials bergerak bukan karena panggilan kemanusiaan, tapi karena iming iming imbalan. Mahasiswa millennials berteriak bukan karena perjuangan, tapi karena janji yang menggiurkan. Mahasiswa millennials ( lagi-lagi katanya) sudah sangat apatis.
Meski demikian, masih banyak mahasiswa di luar sana yang berjuang dengan semangat idealisme-nya, mereka mungkin  tidak muncul di pemberitaan tapi aksi mereka nyata di tengah Masyarakat. Untuk itu mari persiapkan diri kita untuk mengawal indonesia menuju puncak kejayaan. Karena kejayaan indonesia tidak ditentukan oleh generasi mana kita berada sekarang melainkan apa yang bisa kita perbuat untuk menjayakan indonesia, setiap generasi punya karakter masing masing, tidak ada yang salah dari setiap generasi, baik itu generasi x atau generasi  millennials. Tapi yang terpenting saat ini adalah aksi nyata kita untuk membawa perubahan untuk indonesia keara lebih baik. Menciptakan generasi muda Berkarakter, Intelektual dan peka terhadap keadaan sosial yang ada di sekitarnya serta mampu mengaktualisasikan ilmu dan kemampuanya untuk mengawal indonesia ke puncak Kejayaaan.

1 komentar:

Pemuda Kontributif Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.